How to read ekitchn: a guidance

e… what? Bagaimana membaca ekitchn? e-kit-ceh-en

Kenapa sulit-sulit membuat judul blog yang menyusahkan banyak orang untuk membacanya?

Sebenarnya setiap penulis itu ingin membuat sebuah tanda atau sebuah jejak yang berbeda dimana ia berniat untuk menimbulkan kesan yang mendalam, baik untuk para pembaca ataupun sekedar untuk mengatakan kepada dirinya sendiri bahwa blog ini akan berbeda dengan blog serupa di luar sana..

Jadi mungkin itulah alasan saya membuat judul blog ekitchn. Ada beberapa purwarupa (prototype) judul blog:

  1. ekitchennotes
  2. ekitchenotes
  3. ekitchen16

tapi rasanya saya suka sesuatu yang pendek tapi “jelas” dan memiliki nilai keunikan dalam kata. Lalu saya putuskan memilih ekitchn. Lalu bagaimana membaca ekitchn? Atau apa itu ekitchn? Atau yang lebih dalam lagi mengapa saya membuat ekitchn?

Saya akan mulai dari Apa

  • Apa itu ekitchn?

ekitchn adalah sebuah perwujudan dari resolusi yang sudah lama sekali ingin saya wujudkan yaitu menulis untuk bercerita dan menuangkan pikiran saya tentang berbagai macam hal, semata-mata agar otak saya yang berpikir banyak ini memiliki kertas kosong untuk dituangkan sehingga ia bisa diisi dengan hal lain lalu kembali menuangkannya.

  • Bagaimana membaca ekitchn?

Ada 2 cara membaca pertanyaan diatas. Pertama adalah bagaimana membaca secara pelafalan. Kedua adalah bagaimana membaca blog ini sebagai sebuah blog.

Saya suka sekali dengan ekitchn karena ini saya ambil dari kata “kitchen” yang berarti dapur. Kebetulan sekali nama saya diawali dengan huruf E, sehingga saya mengambil huruf e dari kitchen untuk saya letakan di depan sebagai sebuah tanda “kepemilikan” dari sebuah dapur.

Untuk menjaga tetap unik, saya hanya memakai 1 kata itu untuk menjelaskan 2 hal:

  1. Ini adalah blog milik seseorang yang namanya diawali huruf E
  2. Ini adalah blog berisi sesuatu yang berkaitan dengan dapur, namun bisa jadi adalah dapur dalam arti sebenarnya ataupun hanya sebuah ungkapan sebagai tempat dimana proses menulis disamanakan dengan proses memasak yaitu mengolah bahan mentah berupa kata menjadi sajian nikmat berupa artikel.

Lalu bagaimana membaca blog ini sebagai sebuah blog?

Tunggu.. Apa ini sebuah pertanyaan yang secara tata bahasa tepat? Saya bukan ahli tata bahasa, tapi maksud saya disini adalah untuk memberikan panduan awal sebagai pemilik blog bagaimana kamu sebagai seorang pembaca membaca blog ini dan hal ini tidak bisa saya jawab hingga saya menuliskan point ke-3, mengapa saya membuat ekitchn?

  • Mengapa saya membuat ekitchn?

Banyak yang bilang why itu lebih penting dari what dan how.. Saya pribadi setuju. What dan how adalah untuk mewujudkan why. Tanpa Why yang kuat, what dan how akan bergerak tanpa arah karena tidak ada hal yang hendak dituju atau dicapai.

So why?

ekitchn ada untuk membantu saya mencatat hal-hal penting yang ingin saya ingat. Kita ini manusia pelupa, sering sekali lupa. Lupa akan kebaikan orang, lupa akan kesalahan sendiri, lupa akan tujuan hidup, dan bahkan sampai lupa resep. Itulah sebabnya dari zaman purbakala manusia mencoba mencatat baik lewat relief gambar di goa sampai Path untuk mengingat momen-momen kita.

ekitchn ada untuk membantu saya ingat akan hal-hal menarik yang dapat otak manusia lakukan.

ekitchn ada untuk mendorong saya kembali menulis dan menyalurkan keinginan terpendam yang sudah sering kali saya koar-koarkan namun tidak pernah saya wujudkan.

ekitchn dibuat dengan kemampuan untuk beriterasi (berkembang) sehingga bisa menulis dengan berbagai macam topik, mulai dari resep masakan sampai hal-hal dalam hidup.

Jadi kembali ke pertanyaan yang belum saya jawab diatas, bagaimana membaca ekitchn?

Bacalah dengan perlahan, santai dan ambil waktu sejenak untuk merenung atau mengeksekusi resep atau menceritakan kembali kepada saya bagaimana kamu membaca ekitchn 🙂

Iklan

2 pemikiran pada “How to read ekitchn: a guidance

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s