Doctor X – Daimon Michiko

81kjs9sEF2L._SL1500_

Haduhh… Lagi kesengsem banget sama serial ini, Doctor X – Daimon Michiko di Waku-Waku Japan. Saya jarang nonton film dorama Jepang, dan harus saya akui kalau dorama Jepang, khususnya kalo tema filmnya profesi, itu bagus.

Alur ceritanya seorang dokter wanita arogan tapi luar biasa bertalenta dalam mengoperasi pasien kanker atau tumor. Namanya Daimon Michiko. Yup, daimon seperti penyebutan demon (setan). Entah apa yang ada dalam benak penulis naskah film ini dengan menamakan karakter wanita utamanya seperti itu. 🙂

Lanjut lagi ceritanya.. Michiko-san punya 3 prinsip:

  1. Tidak over time (pukul 5 sore teng go!)
  2. Tidak melakukan hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan medical license (mis: jabat tangan)
  3. (1 lagi saya lupa)

Ia juga tidak suka dengan peraturan, melawan otoritas, dan tidak suka bergabung dengan kumpulan dokter lainnya di dalam rumah sakit. Hobinya adalah operasi dan keahliannya adalah operasi juga. ^^

Di film ini juga dikisahkan bagaimana intrik politik di rumah sakit dan persaingan sesama dokter untuk melakukan berbagai operasi yang sulit, biasanya berhubungan dengan jurnal yang mereka buat atau untuk reputasi rumah sakit yang berhasil melakukan operasi yang sulit. Nah, disinilah bagian menariknya. Daimon Michiko tidak pernah mau tunduk sama perintah atasan dan di tengah-tengah operasi bisa intervensi (mengambil alih) dokter lain serta selalu bisa jadi “duri dalam daging” sebuah sistem rumah sakit.

Michiko-san walaupun berwajah cantik, fashionable dan tubuhnya bak seorang model juga sangat kasar, galak, cuek dan to the point jika berbicara. Ia bukan seperti tipikal gadis Jepang yang dikenal ramah ataupun cute.. Ia hanya punya determinasi yang kuat serta keahlian tinggi yang membuatnya sangat sulit untuk diatur.

Ibaratnya, Daimon Michiko adalah cewe naga (cewe yang cuma punya prinsp, sulit ditaklukan, pintar dan aktualisasi diri yang besar). Tingkah laku Michiko-san juga kadang cukup lebay dan seperti anak kecil ketika bersama 4 teman yang dekat sekali dengannya. Ia kadang bisa merengek minta dipinjamkan uang atau ketika sushi tuna kesukaannya tidak ada. Ia juga suka bermain mahjong dan mandi air panas di pemandian umum sambil berteriak-teriak.

In short: Daimon Michiko is unusual 🙂

Yang saya suka adalah di film ini tidak ada bumbu percintaan namun lebih kepada intrik politik yang licik yang dilancarkan dokter kepada sesamanya sampai untuk memenangkan UU kesehatan di pemerintahan. Saya juga bisa melihat beberapa budaya Jepang yang sangat menarik seperti selalu membawakan manisan seperti kue-kue setiap kali mengucapkan terima kasih, dan etika kerja yang kuat serta determinasi yang tinggi untuk mencapai tujuan.

Bagi yang penasaran, silahkan googling serial onlinenya ya 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s